Profil

Tentang Membaca Ganja

Membacaganja.com merupakan sebuah jurnal independen yang membahas isu dan menyampaikan opini penulis yang dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28E ayat (3) yang berbunyi, "Setiap orang berhak atas berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat."

Setiap topik dan isi artikel bersifat bebas dan merupakan opini pribadi penulis.
Isi artikel dan topik yang diterbitkan tidak terikat dan bukan mewakili sikap atau pendapat organisasi, institusi, perusahaan, dan sebagainya.

Membacaganja.com aktif membahas isu demokrasi Tanah Air serta fakta dan sejarah ganja. Adapula penulis memberikan gagasan atau pandangan pribadi dan karya puisi imajinatif.

Setiap isi artikel yang diterbitkan membacaganja.com memiliki unsur berikut:
- Demokrasi. Isu yang dibahas atau ditulis berdasarkan demokrasi lewat dialog.
- Fakta. Fakta dan sejarah ganja yang ditulis berdasarkan pengetahuan literatur dan informasi faktual dari riset ilmiah.
- Gagasan. Gagasan yang ditulis berdasarkan pengetahuan dan akal sehat penulis.
- Puisi. Sebuah karangan puisi bebas berdasarkan imajinasi dan ide pengarang.

Visi
Membacaganja.com memiliki visi agar pembaca memiliki keterbukaan pemikiran dan berani berpikir kritis untuk mengaktifkan akal sehat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan pembaca sebagai alat yang dapat menunjang kesejahteraan hidup.

Misi
-Mengangkat isu-isu di Tanah Air agar pembaca melek akan keadaan yang terjadi di Indonesia.
-Memberikan informasi faktual dari riset ilmiah dan pengetahuan literatur tentang tanaman ganja.
-Menjadi salah satu media independen yang mengumpulkan gagasan yang diharapkan dapat membawa manfaat dan pemikiran bagi pembaca.
-Meningkatkan minat membaca bagi seluruh masyarakat Indonesia.
-Melahirkan berbagai gagasan-gagasan dan pengetahuan baru untuk si pembaca.

Sejarah
Awal pemikiran yang diperoleh oleh si penulis lahir ketika penulis mengenyam pendidikan di salah satu universitas di Medan, Sumatera Utara di pertengahan tahun 2013. Saat itu penulis duduk di bangku jurusan Psikologi.

Rasa penasaran muncul ketika penulis mencari informasi tentang biografi salah satu tokoh bapak psikologi, bernama Sigmund Freud. Setelah melihat biografi Sigmund Freud, perhatian penulis tertuju pada minat Sigmund Freud terhadap kokain dimana kokain dikategorikan sebagai Narkotika Golongan I yang menurut Undang-Undang dapat berpotensi sangat tinggi menyebabkan ketergantungan.

Pandangan Sigmund Freud terhadap kokain yang dapat menyembuhkan kecanduan morfin melahirkan sebuah pemikiran baru penulis bahwa narkotika yang dilarang oleh hukum ternyata bermanfaat bagi kehidupan selama tidak digunakan secara berlebihan.

Penulis pun akhirnya memutuskan meninggalkan bangku kuliahan ketika memasuki semester 3 dan memilih untuk bekerja dan pindah ke pulau Bali di pertengahan tahun 2014.

Perkenalan penulis dengan ganja terjadi diawal tahun 2015 pada saat itu. Dengan rasa penasaran yang tinggi, penulis mencari tahu informasi tentang tanaman ganja melalui media dan literatur tentang tanaman ganja.

Setelah perkenalan panjang dan informasi yang dikumpulkan oleh penulis, di tahun 2019 penulis berencana membuat sebuah jurnal tentang fakta dan sejarah ganja yang menurut penulis perlu adanya reformasi tentang peraturan perundang-undangan tentang narkoba terutama bagi tanaman ganja.

Dikarenakan penulis tidak memiliki akses akedemisi di jalur hukum narkotika maupun akademisi ilmu-ilmu lainnya yang dapat mendukung penggunaan ganja dalam segala aspek kehidupan manusia, maka penulis membuat sebuah jurnal yang berdasarkan pengetahuan literatur dan informasi faktual yang dilindungi isi Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28E ayat (3) yang berbunyi, "Setiap orang berhak atas berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat."

Dengan adanya Undang-Undang Dasar 1945, penulis juga memberikan konsentrasi terhadap demokrasi sebagai dasar untuk menyalurkan pendapat yang pada akhirnya diharapkan dapat melahirkan sebuah pemikiran-pemikiran baru untuk sebuah reformasi kehidupan yang lebih baik dan sehat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pembaca dapat menemukan Membaca Ganja di media sosial berikut:
Facebook: Membaca Ganja
Twitter: @membacaganja
Instagram: membacaganja
E-mail: membacaganja@gmail.com